Perguruan Tinggi Harus Optimalkan Research

Sekretaris Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya Muhammad Nuril Huda, M.Pd., menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus siap bersaing sekaligus mengoptimalkan keunggulan, khususnya dalam aspek research (penelitian).

“Komitmen mengembangkan research memang menjadi fokus kita, tri dharma perguruan tinggi itu pilar. Salah satunya research (selain pendidikan dan pengabdian),” kata Muhammad Nuril Huda saat mberikan sambutan dalam Wisuda Sarjana XX STAI Al-Khairat Pamekasan, Minggu (4/2/2018).

Pihaknya menilai research sebagai salah satu pilar dalam pendidikan tinggi, terlebih juga termaktub dalam tri dharma perguruan tinggi. “Bagaimanapun kalau pilar itu goyang atau bahkan roboh sekalipun satu di antaranya, maka bangunan itu akan ambruk. Tapi juga harus disiapkan fondasi yang kuat berupa nilai akademik dan spiritual,” ungkapnya.

Research harus menjadi bahan pembelajaran di kelas (kuliah), jadi dosen tidak hanya fokus pada buku dan harus lebih peka terhadap fenomena masyarakat. Sehingga apa yang digodok bisa stimulan dan berkelanjutan,” sambung pria yang akrab disapa Pak Nuril.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan bahwa saat ini sudab ada Knowladge From Change (KFC) yang memiliki sasaran membumikan research perguruan tinggi di masyarakat. “Dengan adanya KFC ini nantinya ada sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

“Sebagaimana kuta ketahui bersama, masyarakat di berbagai daerah memiliki potensi dan keunggulan berbeda. Hanya saja kekhasan potensi tersebut belum ada sinergi yang bisa mengembangkan terhadap potensi daerah, jadi kami berharap kedepan ada sinergitas potensi penelitian dan pengabdian. Khususnya demi pengembangan potensi daerah,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan selamat kepada 277 mahasiswa yang secara resmi menyandang status sebagai Sarjana Pendidikan (S.Pd). “Kami sampaikan selamat kepada para wisudawan yang sudah resmi menyandang status sebagai sarjana,” ucapnya.

Pihaknya berharap para sarjana agar bisa mengoptimalkan ilmu yang dimiliki sekaligus memberikan manfaat kepada masyarakat. “Kami harap para wisudawan agar terus berusaha meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang sarjana, baik dari aspek intelektual maupun spiritual. Apalagi di STAI Al-Khairat berbasis persantren yang tentunya lebih mengandalkan aspek karakter sosial yang tinggi,” pungkasnya. [©]

Leave a Reply

Your email address will not be published.