Ini Pesan Bagi Para Sarjana STAI Al-Khairat Pamekasan

Ketua STAI Al-Khairat Pamekasan Drs. H. Abdul Muin, M.Pd., MM., berharap agar para mahasiswa yang sudah menyandang status sebagai sarjana bisa mengamalkan sekaligus mengaplikasikan ilmu mereka di tengah-tengah masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan langsung saat memberikan sambutan pada Sidang Terbuka Senat STAI Al-Khairat Pamekasan dalam rangka Wisuda Sarjana XX Tahun Akademik 2016-2017 yang digelar di Gedung Islamic Centre Pamekasan Jl Raya Panglegur, Minggu (4/2/2018).

“Pesan kami kepada kalian semua agar selalu bersikap profesional di tengah-tengah masyarakat dengan tetap mengedepankan karakter, kompetensi dan jiwa interpranership sebagaimana jargon yang kita usung sebagai branding di kampus kita tercinta,” kata Ketua STAI Al-Khairat Pamekasan Drs. H. Abdul Muin, M.Pd., MM.

Dari tiga poin tersebut, pihaknya juga mengimbau agar para sarjana selalu memprioritaskan pada karakter positif dengan menjunjung tinggi akhlakul karimah. “Apapun yang anda miliki tanpa didasari karakter yang baik dan akhlakul karimah, justru nantinya akan melahirkan kemerosotan,” ungkapnya.

“Karakter dan akhlak harus diutamakan, khususnya saat kita berada di tengah-tengah masyarakat. Sebab pendidikan tidak hanya mencerdaskan otak, tapi juga mencerdaskan hati. Sehingga saat nanti terjun di masyarakat, anda harus tampil sebagai sosok pendidik yang lebih santun dan berakhlakul karimah,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, kompetensi dan keahlian profesional juga harus diterapkan saat berada di tengah masyarakat. Sebab hal itu menjadi penanda sebagai masyarakat umum dengan sosok sarjana. “Kompetensi keahlian profesional harus dikuasai, di perguruan tinggi hal itu sudah kalian dapat. Tinggal bagaimana nanti kalian mengembangkan dalam berbagai praktik di masyarakat,” jelasnya.

“Termasuk juga dalam aspek interpraner, kalian jangan hanya diam dan menunggu bola tapi kalian harus selalu bergerak dan menciptakan berbagai inovasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Tidak kalah penting, kalian harus selalu tekun dan sabar demi merealiasikan apa yang dicita-citakan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.[©]

Leave a Reply

Your email address will not be published.