Siapapun Bisa Menerapkan Kepemimpinan

Kepemimpinan tidak hanya bisa diterapkan oleh seorang pemimpin saja, namun justru kepemimpinan juga bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk orang yang masih berada dalam katagori usia anak-anak.

Hal itu disampaikan langsung oleh Drs. H. Abdul Muin, M.Pd., MM., dalam kegiatan Bedah Buku ‘Kepemimpinan Pendidikan’ yang notanene salah satu karya yang dibedah oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Khairat Pamekasan, Kamis (16/11/2017).

Dalam kegiatan yang digelar di auditorium kampus di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, hadir sebagai pembanding Dr. Agus Susanto, M.Ap. yang notabene sebagai salah satu akademisi dan praktisi di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Selama ini kita mempunyai pemahaman bahwa teori kepemimpinan hanya bisa diamalkan oleh seorang pemimpin, padahal teori kepemimpinan justru bisa dilakukan oleh siapapun. Termasuk juga anak kecil (anak-anak),” kata Abdul Muin.

Diakuinya, kondisi tersebut memang sempat memunculkan berbagai polemik di kalangan akademisi. Namun pada akhirnya bisa dibuktikan dengan berbagai kasus dalam teori kepemimpinan.

“Semisal seorang anak kecil yang menangis meminta hp (handphone) android, otomatis anak kecil itu menggunakan teori kepemimpinan. Karena inti kepemimpinan adalah memengaruhi dengan powernya, sedangkan power anak kecil dengan cara menangis,” ungkapnya.

Hal itu jelas menjadi tanda sekaligus membuktikan bahwa seorang anak kecil juga memiliki sikap kepemimpinan. “Semakin tinggi level power seseorang, maka ia akan semakin beragam model kepemimpinan yang digunakan. Termasuk juga dalam kepemimpinan pendidikan,” ungkapnya.

Memang manusia memang memiliki sifat bawaan berupa kepemimpinan, sehingga dibutuhkan berbagai pengembangan informasi seputar pemahaman ilmu kepemimpinan. “Maka dari itu, dalam buku ini kami sertakan seputar konsep dasar kepemimpinan pendidikan dan tipe kepemimpinan,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, dalam buku ini juga dijelaskan secara detail seputar gambaran gaya kepemimpinan di masyarakat. Termasuk juga komunikasi dalam kepemimpinan demi meningkatkan mutu pendidikan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan sesi tanya jawab seputar materi ‘Kepemimpinan Pendidikan’, bahkan sejumlah mahasiswa yang hadir sebagai peserta cukup antusias membedah buku yang diterbitkan oleh CV Ismaya Berkah Group. [*]