Mahasiswa Prodi Perbankan Syari'ah Jalani Praktikum

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbankan Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat Pamekasan melaksanakan praktikum selama sebulan penuh, terhitung mulai Selasa (17/10/2017) hingga Jum’at (17/11/2017) mendatang.

Praktikum bagi mahasiswa semester 3 Prodi Perbankan Syari’ah tersebut, dipusatkan di Laboratorium Sentra Inkubasi Bisnis Syari’ah (SiBISA) MiniBank STAI Al-Khairat Pamekasan di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2.

Dipilihnya SiBISA MiniBank sebagai upaya untuk memperkenalkan produk dan prinsip dasar muamalah bagi mahasiswa, terlebih lembaga internal kampus itu sudah menjalankan sejumlah aktivitas yang bergerak di bidang pengelolaan keuangan syari’ah sebagai medium pembelajaran transaksi dan akad muamalah yang relevan dan aplikatif.

“Kegiatan ini meliputi tiga materi berbeda, selain pengenalan produk dan prinsip dasar muamalah. Juga terdapat materi seputar manajemen informasi keuangan syar’ah (akuntansi) dan menajemen pemasaran,” kata Ketua Prodi Perbankan Syariah STAI Al-Khairat Pamekasan Matnin, SH.I., M.EI, Sabtu (21/10/2017).

Selain itu, praktikum juga digelar untuk memberikan pemahaman bagi mahasiswa seputar praktik perbankan maupun berbagai materi yang berhubungan dengan praktik muamalah lainnya.

“Salah satu alasan praktikum ini digelar di antaranya untuk memadukan antara teori dan praktik lapangan, khususnya dalam produk perbankan syari’ah,” jelas pria yang tengah menempuh studi doktoral di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Bahkan pihaknya juga memastikan program tersebut nantinya bisa menjadi bekal bagi para mahasiswa dalam menempuh pendidikan di lingkungan kampus. Tidak terkecuali saat kelak lulus sebagai sarjana. “Bagaimanapun hal ini merupakan tuntutan kebutuhan layanan perbankan syari’ah,” tegasnya.

SiBISA MiniBank merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pengelolaan keuangan syari’ah yang dikelola Prodi Ekonomi Syari’ah bersama Perbankan Syari’ah. Bahkan dalam program tersebut juga terdapat program lain yang tidak hanya konsen terhadap bisnis keuangan semata, tapi juga ada sektor riil lain yang bisa langsung terjun ke masyarakat. [*]