Civitas Akademik Harus Bersinergi Kembangkan Kampus

Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag., berpesan agar seluruh civitas akademik STAI Al-Khairat Pamekasan bersemangat dan bersinergi dalam mengembangkan kampus.

Hal itu disampaikan bersamaan saat proses akreditasi institusi yang digelar di ruang meeting di kompleks kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Senin (11/9/2017) lalu.

“Ketua di kampus ini sangat semangat dan perlu diikuti sekaligus diimbangi oleh (kinerja) bawahan. Paling mendasar dari semua ini harus segera merampungkan semua peraturan yang dituangkan oleh institusi, sehingga nanti bisa maksimal,” kata Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag.

Pihaknya mendorong agar semua elemen di lingkungan kampus terus meningkatkan komitmen. Khususnya dalam aspek penulisan karya tulis ilmiah maupun jurnal. “Perlu didorong juga untuk SDM, kepangkatan dan menyelesaikan studi S3 (dosen). Proposal (penelitian) kalau di seminarkan segera di tindak lanjuti,” sambung pria yang akrab disapa Arifuddin.

Pria asal Sulawesi itu juga berharap agar pihak kampus menerapkan seleksi ketat terhadap mahasiswa, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi konkrtit terhadap perkembangan kampus kedepan. “Seleksi mahasiswa harus diperketat, mereka harus tetap kritis dalam konteks pengembangan keilmuan dengan mimbar akademik. Bukan dengan kebebasan mimbar non-akademik,” ungkapnya.

“Termasuk juga pemeliharaan dalam bidang sarana dan prasarana juga perlu ditingkatkan, mulai dari penataan, kebersihan hingga pemanfaatan sejumlah ruang dengan semaksimal mungkin,” imbuhnya.

Tidak kalah penting, aspek penelitian dan pengabdian juga harus lebih ditingkatkan demi merealisasikan budaya dosen dan mahasiswa sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. “LP2M pedoman sudah ada dan harus sinergi dengan visi dan misi institusi,” jelasnya.
“Saat ini sudah masuk dalam katagori berbasis proses, tahun depan harus meningkat menjadi katagori output. Tapi yang pasti untuk menghasilkan (output) tentunya harus proses dulu,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu tim asesor lainnya, Prof. Dr. Djamaludin Darwis, MA., menyampaikan proses visitasi institusi sudah selesai. “Jadi kami sudah melakukan pekerjaan kami, kami sudah selesai dan bapak ketua sudah menandatangani,” ungkapnya.

“Nanti kita akan rekomendasikan seperti apa yang kami lihat, kita akan sampaikan pesan ini berdasar fakta riil di lapangan dan akan kami pasrahkan kembali. Hasil paparan dari semuanya sudah tertuang disini, silahkan dikaji kembali,” pungkasnya.

Sementara Ketua STAI Al-Khairat Pamekasan Drs. H. Abdul Muin, M.Pd., MM., komitmen untuk terus memperbaiki berbagai kekurangan yang ada. Tentunya dengan tetap mengembangkan beberapa potensi yang dinilai cukup mendukung demi perkembangan institusi yang dipimpinnya.

“Kedepan kita akan berupaya untuk lebih baik, yakni dengan mengatasi berbagai kekurangan sekaligus meningkatkan potensi yang kita miliki. Khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat,” tegasnya. [c19]