Mahasiswa Gelar Aksi Solidaritas Muslim Rohingya

Sejumlah mahasiswa STAI Al-Khairat Pamekasan menggelar aksi solidaritas penggalangan dana bagi masyarakat muslim Rohingya di simpang tiga Palduding, Jl Raya Palengaan, Rabu (6/9/2017).

Aksi tersebut diikuti beberapa mahasiswa dari berbagai elemen kemahasiswaan, meliputi perwakilan Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HPMS) hingga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Kegiatan ini sengaja kami gelar sebagai bentuk solidaritas terhadap saudara muslim kami, yaitu Muslim Rohingya. Dimana mereka mendapatkan perlakukan tidak berprikemanusiaan dari oknum penguasa di Myanmar,” kata Presiden Mahasiswa STAI Al-Khairat Pamekasan Nurul Hidayat.

Selain itu, aksi tersebut juga dilakukan demi meringankan beban muslim Rohingya yang saat ini sangat teraniaya. “Dari itu, kami mewakili mahasiswa sengaja mengumpulkan bantuan sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas,” ungkapnya.

“Bantuan ini sengaja kita kumpulkan dari mahasiswa maupun masyarakat sekitar, termasuk para pengguna jalan yang melintas di area kampus,” sambung mahasiswa yang akrab dipanggil Nurul.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Aksi Solidaritas Muslim Rohingya Makinun Amien, pihaknya merasa bertanggungjawab untuk menggelar aksi solidaritas terhadap peristiwa yang menimpa muslim Rohingya di Myanmar.

“Aksi ini kita gelar sejak pagi tadi, hingga saat ini sudah terkumpul bantuan sebesar Rp 1.280.600. Semoga nanti bisa bertambah untuk meringankan beban saudara muslim kami,” jelasnya.

Pihaknya juga menegaskan, hasil pengumpulan dana dari aksi solidaritas tersebut nantinya akan didistribusikan melalui Aksi Cepat Tangkap (ACT) atau yang lebih akrab disebut Care For Humanity dengan tajuk ‘Indonesia Selamatkan Rohingya’ dengan #LetsHelpRohingya.

“Jadi nanti hasil pengumpulan dana ini akan langsung kita salurkan melalui ACT atau Care For Humanity, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak disana untuk penyaluran bantuan ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa tidak hanya menggelar aksi solidaritas berupa penggalangan dana. Namun mereka juga menyempatkan diri dengan salat ghaib berjama’ah lengkap dengan bacaan qunut nazilah sebagai bentuk kepedulian terhadap muslim Rohingya. [c19]

Leave a Reply

Your email address will not be published.