Mahasiswa Tingkat Akhir Jalani Ujian Skripsi

Sejumlah mahasiswa tingkat akhir STAI Al-Khairat Pamekasan mengikuti ujian skripsi yang digelar maraton selama hampir sepekan, terhitung mulai Selasa hingga Ahad (22-27/8/2017) mendatang.

Para mahasiswa berkewajiban mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan tim penguji, sekaligus harus mempertahankan skripsi mereka di hadapan dua penguji secara bergantian. Meliputi penguji pertama dan penguji kedua.

“Sistem seperti ini pertama kali kita terapkan demi meminimalisir kekhawatiran mahasiswa saat mempresentasikan skripsi mereka. Sebab jika di hadapan dua penguji sekaligus, khawatir mereka merasa ‘terhakimi’,” kata Ketua STAI Al-Khairat Pamekasan Drs H Abdul Muin, M.Pd., MM, Jum’at (25/8/2017).

Pihaknya berharap sistem tersebut berdampak positf terhadap kemampuan akadmik mahasiswa. Khususnya dalam mempresentasikan hasil penelitian yang dilakukan selama hampir tiga bulan sejak proses pembuatan proposal skripsi.

“Jadi, dengan sistem seperti ini kita harapkan mahasiswa bisa mempertanggungjawabkan skripsi mereka. Terlebih mereka tidak terlalu grogi saat berhadapan dengan satu penguji dan tidak dua penguji sekaligus,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya meyakini para mahasiswa mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitian, apalagi selama ini mereka mendapatkan bimbingan positif dari para dosen pembimbing. Khususnya dalam melaksanakan proses penelitian.

“Selama ini kita memang sudah komitmen bersama para pembimbing (skripsi) untuk memberikan bimbingan terbaik bagi para mahasiswa yang tengah menjalani proses skripsi. Salah satunya dengan menggelar pertemuan guna menyamakan persepsi seputar bimbingan yang akan diberikan kepada mahasiswa,” jelasnya. [c19]

Leave a Reply

Your email address will not be published.