Mahasiswa PKN Manfaatkan Momentum Agustusan dengan Lomba

Salah satu kelompok mahasiswa STAI Al-Khairat Pamekasan yang melaksanakan program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) memanfaatkan momentum HUT Ke-72 Republik Indonesia dengan beragam perlombaan.

Seperti yang dilakukan kelompok di Desa Tlageh, Kecamatan Pagantenan, mereka menggelar berbagai jenis perlombaan yang diikuti sejumlah lembaga pendidikan se-Kecamatan Pagantenan.

Jenis lomba tersebut meliputi perlombaan bernuansa islami seperti tartitul Qur’an, pidato, musik gambus al-Banjari hingga berbagai jenis perlombaan bernuansa kemerdekaan yang sudah sangat familiar di masyarakat.

“Perlombaan ini terdiri dari berbagai macam tingkatan, mulai dari delegasi TK, SD, SMP hingga SMA dan sederajat dari berbagai lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Pagantenan,” kata Panitia Pelaksana Fathorrasi Syafi’, Kamis (17/8/2017).

Diakuinya, kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari secara maraton. Terhitung mulai Senin hingga Rabu (14-16/8/2017) kemarin. “Perlombaan ini sengaja kita gelar di halaman sekolah dengan tujuan agar terjalin komunikasi dan silaturrahmi antar lembaga pendidikan,” ungkapnya.

Sementara Ketua Kelompok PKN setempat Ali Qudsi menyatakan kegiatan tersebut sengaja digelar demi menumbuhkan rasa kebersamaan sekaligus menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Bagaimanapun kegiatan ini sengaja kita gagas demi menumbuhkan rasa nasionalisme, sebab cinta tanah air merupakan bagian dari iman. Tentunya juga demi membangun ikatan silaturrahmi antar lembaga maupun sekolah yang ada di kecamatan Pagantenan,” tegasnya.

Pelaksanaan program PKN Berbasis Participation Action Reserch (PAR) STAI Al-Khairat Pamekasan digelar selama sebulan penuh. Terhitung sejak Rabu (19/7/2017) lalu hingga Sabtu (19/8/2017) mendatang. [c19]

Leave a Reply

Your email address will not be published.