CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES) PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR STAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

 

Visi, Misi dan Tujuan

 

Visi

Menjadi Pusat Pengembangan Keilmuan al-Qur’an dan Tafsir yang integratif  dan menyiapkan calon sarjana yang konpetitif dan berakhlaq Qur’ani.

 

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengembangan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang berbasis analisis-kritis-konprehensif.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran yang transformatif dan integratif pada ilmu  al-Qur’an dan Tafsir sehingga lebih humanis dan berdayaguna.
  3. Memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap mahasiswa untuk menjadi muslim yang berakhlak mulia, berkualitas, profesional, berjimawa transformatif, berkarakter humanis dan qur’ani serta responsif terhadap perkembangan zaman
  4. Melakukan penelitian dalam bidang al-Qur’an dan Tafsir untuk mengembangkan teori dan metode dalam khazanah penafsiran.

 

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi dalam bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang berakhlak mulia, berjiwa transformatif, berkarakter humanis dan qurani.
  2. Menghasilkan sarjana yang kompetitif dan berdayaguna serta mendayagunakan al-Qur’an dalam kehidupan masyarakat luas.
  3. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang al-Qur’an dan Tafsir.

 

Keunggulan Prodi

Kurikulum pada Prodi ini dirancang agar mahasiswa dan lulusan memiliki kecakapan akademik dalam memahami al-Qu’an dan Tafsir yang konprehensif dengan penguasaan teori dan konsep yang tentang ilmu, paradigma, metode dan pendekatan penafsiran yang berlandaskan asas mufassir dan didukung dengan berbagai keilmuan usuluddin yang merupakan dasar keilmuan dalam pemahaman keagamaan.

Sebagai penguatan terhadap kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa, Prodi menfasilitasi mahasiswa dangan pelaksanaan kajian-kajian keilmuan yang dibimbing oleh tutor-tutor yang memiliki kompetensi dibidangnya dengan menekankan  pola analisis-praktek sehingga mahasiswa bisa memahami materi dengan baik.

 

Kompetensi Lulusan

Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir STAI Al-Khairat menyiapkan lulusan yang profesional,memiliki daya saing di era glaobalisasi dan kecakapan intelektual dalam bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang diproyeksikan menjadi pengkaji-pengkaji al-Qur’an yang handal dan dapat menransformasikan kepada masyarakat luas dengan bekal pengetahuan yang konprehensif dan memiliki kemampuan dalam melaksanakan hasil penelitian keagamaan untuk kepentingan pendidikan, pengajaran